Senin, 19 November 2012

Bupati Lutra Tantang Dandim 1403 Sawerigading Duel


Usai membuka secara resmi festival Sungai Rongkong di Dusun Sangkale, Desa Pararra, Kecamatan Sabbang, Luwu Utara, Bupati Lutra, Arifin Junaidi langsung mengajak duel Komandan Distrik Militer (Dandim) 1403 Sawerigading Palopo, Letkol Inf Abdul Hanis dalam permainan tradisional masyarakat Tana Luwu yang dikenal dengan sebutan Ma’gasing, atau bermain gasing.
Mendapat tantangan duel itu, Abdul Hanis lantas membuka permainan dengan melemparkan gasing ke tengah arena Ma’Gasing yang disediakan panitia. Ratusan pasang mata yang menyaksikan pertarungan antara Arjuna dengan Komandan Kodim ini langsung bersorak ketika lemparan gasing Arjuna tepat mengenai gasing yang diputar oleh tentara berpangkat Letnan Kolonel ini.
Meski hanya berlangsung beberapa menit saja, namun permainan gasing antara Bupati Lutra dengan Dandim 1403 Sawerigading Palopo ini cukup menjadi memberi semangat pada warga yang sengaja datang menyaksikan berbagai macam perlombaan yang dihelat pada festival Sungai Rongkong tersebut.
Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Pemuda-Pemudi Sabbang (FKPPS), Hasrum Jaya kepada luwuraya.com mengatakan antusias masyarakat Luwu Utara pada festival Sungai Rongkong ini cukup besar, buktinya pada pembukaannya saja, ratusan warga berbondong-bondong menghadiri acara yang baru pertama kali digelar.
“Respon dari masyarakat maupun pemerintah cukup baik, dan kami berharap agar acara ini bisa berlangsung dengan baik tanpa ada kendala yang berarti,” kata Hasrum.
Hasrum menambahkan festival sungai rongkong ini diikuti oleh seluruh sekolah di Luwu Utara, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA).
"Rencananya, sejumlah rangkaian acara akan digelar pada tiga hari berikutnya, seperti Ma’dengka-dengka, Pemilihan Putra-Putri Rongkong, serta lomba rakit,” ujar Hasrum.
Nah, bagi anda yang tidak ingin ketinggalan acara yang kental dengan nilai kebudayaan ini, segera datang ke Dusun Sangkale, Desa Pararra, Kecamatan Sabbang, untuk menyaksikan langsung sejumlah agenda kegiatan yang telah disiapkan panitia. (b)
Haswadi

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More