Senin, 19 November 2012

Festival Sungai Rongkong Dihadiri Ratusan Warga Lutra


Pesta rakyat festival sungai rongkong yang digelar di Dusun Sangkale, Desa Pararra, Kecamatan Sabbang, Luwu Utara diserbu ratusan warga Luwu Utara. Acara yang baru pertama kali digelar ini menyakikan berbagai permainan tradisional khas Luwu yang sudah banyak ditinggalkan.
Bupati Luwu Utara, Arifin Junaidi membuka secara resmi festival sungai rongkong yang diagendakan akan berlangung selama tiga hari berturut-turut. Dalam sambutannya, Bupati mengaku salut dengan kegiatan yang diprakarsai pemuda Kecamatan Sabbang tersebut, pasalnya sudah banyak permainan khas Luwu yang mulai ditinggalkan oleh putra tana Luwu itu sendiri. Sehingga dengan digelarnya acara tersebut bisa mengingatkan kembali  budaya yang sudah mulai langkah dilakukan.
“Kami berterimakasih kepada panitia yang telah bekerja keras sehingga acara ini bisa berlangsung dengan baik, kami juga berharap agar festival seperti ini bisa berlangsung pada tahun-tahun berikutnya,” kata Arifin.
Setelah membuka secara resmi acara tersebut, Bupati Lutra sejumlah pejabat dan unsur muspida Lutra turut menyaksikan perlombaan madengka-dengkamacukke’, dan ma’gasing, yang diikuti seluruh siswa dari berbagai sekolah di Luwu Utara. (b)
Haswadi

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More